21:33 pm - Tuesday, 22 July 2014

Setelah PNS, Kini Bupati Imbau Siswa Pakai Batik Gunungkidul

By Admin Go - Mon May 13, 10:30 am

doc. Ilustrasi

doc. Ilustrasi

Gunungkidulonline.com. Wonosari- Untuk melestarikan Budaya asli indonesia, terutama bathik, beberapa waktu yang lalu diterapkan kewajiban menggunakan bathik asli Gunungkidul untuk PNS. Untuk meningkatkan kecintaan terhadap batik, bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos. mengimbau sekolah menerapkan seragam batik bagi peserta didik.

Adanya dukungan dari pemerintah daerah dalam melestarikan batik asli Gunungkidul, tentu mampu mendorong perekonomian perajin di Tancep yang kini sudah mencapai empat kelompok dan memberdayakan ratusan pekerja.

Khusus Sekolah, Saat ini sudah ada pesanan yang masuk dari SMK 3 Wonosari di sentra kerajinan Batik di Tancep, Ngawen.

“Memang ada pesanan sebanyak 934 buah, tetapi baru dari satu sekolah, yakni dari SMK 3 Wonosari” kata Malik salah satu perajin batik di Ngawen, Minggu (12/05/2013).

Jika kondisi alam yang mendukung, pembuatan batik belalang ditargetkan selesai kurang dari satu bulan. “Jika pesanan banyak, berdampak pada kesejahteraan masyarakat, dikarenakan para pekerjanya adalah putra asli daerah Gunungkidul” ucapnya.

[kr/dyd/Go]

Isi Komentar Anda!
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi gunungkidulonline.com. Tidak boleh ada kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Follow Gunungkidul Online: Media Berita Online Gunungkidul on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Tulis Komentar

Komentar

Leave a Reply