21:15 pm - Thursday, 24 April 2014

Sampai Hari ini, Berkas PAN dan PKS Paling lengkap di KPU

By Admin Go - Thu May 02, 1:07 pm

kpu GK

kpu GK

Gunungkidulonline.com, WONOSARI – Berkas bakal calon legislatif (Bacaleg) di Gunungkidul kacau balau. Partai Demokrat (PD) dan Partai Bulan Bintang (PBB) hingga kemarin (1/5), belum melengkapi berkas ke KPUD setempat.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Gunungkidul Paimin Aji mengatakan PBB dan Demokrat merupakan parpol yang paling banyak kurang kelengkapan. Beberapa di antaranya berkaitan dengan fotokopi ijazah, pernyataan pribadi dan keterangan dokter. “Proses verifikasi sudah 90 persen, namun di PBB dan Demokrat paling banyak kekurangannya,” katanya (1/5).

Dikatakan, KPU mencatat dua parpol yang kelengkapan administrasinya mendekati lengkap. Dua parpol itu, PAN dan PKS. Sementara PDIP, sebagian besar bacaleg diketahui belum melengkapi salinan kartu tanda anggotanya (KTA). ”DI PDIP baru empat bacaleg yang menyertakan salinan KTA. Jadi semua harus dilengkapi,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, jika proses verifikasi selesai, pada 5 Mei KPUD merencanakan sidang pleno mengenai hasil verifikasi. Pada kesempatan itu, akan diberi kesempatan perbaikan bagi semua parpol. ”Kemudian semua parpol akan kami minta untuk melakukan perbaikan,” terangnya.

Anggota KPU lain, M Zaenuri Iksan mengatakan, selain verifikasi kelengkapan adminsitrasi bacaleg, KPU juga melihat kuota keterwakilan perempuan. Dari catatan KPU semua parpol sudah melengkapai 30 persen kuota keterwakilan perempuan ini.

”Namun kami masih tunggu, apakah dalam perbaikan nanti masih sama atau ada perubahan,” katanya. Dia berharap, semua parpol bisa lolos di masing-masing daerah pemilihan (Dapil) dengan kewajiban menempatkan kuota 30 persen untuk perempuan ini.

Wakil Ketua DPC Partai Demokrat Gunungkidul Chairul Najmi Siregar siap melakukan perbaikan. Dia cukup yakin, tidak ada dapil yang akan gugur lantaran kuota keterwakilan perempuan di Demokrat sudah sesuai aturan. ”Nanti masih ada kesempatan perbaikan. Semua akan kami lengkapi,” katanya.

[radarjogja.dyd/go]

Isi Komentar Anda!
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi gunungkidulonline.com. Tidak boleh ada kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Follow Gunungkidul Online: Media Berita Online Gunungkidul on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Tulis Komentar

Komentar

Leave a Reply