06:49 am - Wednesday, 20 August 2014

Inilah Sepuluh Objek Wisata Geopark Gunungkidul

By Admin Go - Wed May 22, 7:16 am

Goa pindul

Goa pindul

Gunungkidulonline.com- Geopark atau Taman Bumi merupakan salah satu konsep pembangunan kawasan secara berkelanjutan. Tiga unsur utama sumberdaya alam, yaitu geologi, biologi dan budaya, dikemas secara utuh dan terpadu di dalam konsep geopark. Tujuan pembangunan geopark berpilar pada tiga  sasaran utama, yaitu konservasi, edukasi dan penumbuhan nilai ekonomi lokal melalui pemanfaatan pariwisata.

Sepuluh objek wisata di Gunungkidul telah diakui menjadi kawasan Geopark Nasional Gunungsewu. Lokasinya meliputi Gunung Nglanggeran, Endapan Laut Miosen Awal Sambipitu, Goa Pindul, Kompleks Kali Suci, luweng Jomblang, Pantai Siung Wediombo, lembah kering purba Sadeng, Air terjun Bleberan, Goa Jlamprong dan Luweng Cokro.

Kabid Fisik dan Prasarana Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul Ir Sri Agus Wahono MSi, Selasa (21/05/2013) mengatakan, “Usai diakui secara nasional, selanjutnya juga akan diajukan usulan ke Unesco”.

Pengelolaan geopark, lanjut Agus, dimaksudkan memberikan manfaat bagi masyarakat. Salah satunya pengembangan kawasan wisata seperti di Gunung Nglanggeran dan Goa Pindul yang sudah dikelola masyarakat, sehingga mendatangkan kesejahteraan. Termasuk kawasan karst, bisa dikembangkan menjadi industri ukir batu yang memunculkan pendapatan bagi warga.

“Pada prinsipnya, pengelolaan kawasan geopark diperbolehkan, namun ada batasan-batasan tertentu agar tidak merusak alam,”jelasnya.

[Oz/kr/Go]

Isi Komentar Anda!
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi gunungkidulonline.com. Tidak boleh ada kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Follow Gunungkidul Online: Media Berita Online Gunungkidul on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Tulis Komentar

Komentar

Leave a Reply