22:08 pm - Wednesday, 23 July 2014

Gatot Tiwul, Makanan Asli Gunungkidul Yang Makin Digemari

By Admin Go - Fri May 17, 10:44 am

Gatot tiwul

Gatot tiwul

Gunungkidulonline- Datang ke Gunungkidul tak lengkap rasanya kalau tak mencicipi yang satu ini. Yahh.. Gathot dan Thiwul, Makanan tradisional Asli Kabupaten Gunung Kidul ini menjadi makanan favorit masyarakat gunungkidul karena rasanya yang lezat, manis, dan gurih.

Dulunya, gatot dan tiwul merupakan makanan pokok masyarakat Gunung Kidul, biasanya dimakan dengan sayuran sebagai pengganti nasi. Tapi seiring sejahteranya masyarakat Gunung Kidul gatot berubah menjadi makanan caminal sehari-harii.

Proses pembuatan gatot cukup panjang yakni ketela terlebih dahulu difermentasi sehingga timbul jamur, kemudian direndam dua malam sampai kenyal. Setelah itu ditiriskan, dicuci, dan diambil kulit arinya, dipotong-potong kecil-kecil kemudian kembali direndam satu malam.

Dengan proses panjang tersebut, kemudian dikukus selama dua jam. Kalau suka manis, sebelum dimasak terlebih dulu dikasih gula merah. Tapi bila mengingingkan rasanya gurih, setalah dikukus dicampur dengan garam dan parutan kelapa.

Di Gunungkidul sendiri banyak Toko oleh- oleh yang menjual makanan ini, Sehingga anda tak sulit untuk mendapatkannya sat berkunjung ke gunungkidul.

[dyd/Go]

Isi Komentar Anda!
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi gunungkidulonline.com. Tidak boleh ada kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Follow Gunungkidul Online: Media Berita Online Gunungkidul on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Tulis Komentar

Komentar

Leave a Reply